Rabu, 17 November 2010

Terkena Kasus Suap Toyota Didenda

Hangzhou - Hati-hati kalau mau memberikan diskon bunga kredit mobil. Di China, Toyota didenda gara-gara perang bunga kredit dengan bank lokal.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (22/9/2010) lembaga pembiayaan mobil Toyota di China, Toyota Finance Co, didenda sebesar 140,000 yuan atau US$ 20.850 oleh pihak berwenang di kota Hangzhou karena lembaga pembiayaan Toyota terbukti melakukan perang diskon dengan bank.

Untuk melancarkan bisnisnya, perusahaan pembiayaan Toyota itu menawarkan potongan harga (rabat) kepada diler-diler mobil Toyota. Potongan harga ini dimaksudkan agar 3 diler Toyota mengarahkan konsumen mereka menggunakan kredit dari Toyota Finance daripada menggunakan kredit dari bank lokal.


Tindakan pemberian potongan ini diduga tergolong suap. Suap yang dilakukan lembaga pembiayaan Toyota itu dilakukan antara Agustus 2008 dan April 2010.

Saat ini suku bunga kredit Toyota China mencapai 10-13 persen, angka ini lebih besar dibanding rata-rata suku bunga kredit bank BUMN China yang angkanya di bawah 7 persen.

"Toyota telah mendapatkan pemberitahuan soal penalti dari pihak berwenang China, kami tengah mempelajari hal ini," ujar juru bicara Toyota.

Berita ini merebak menyusul sengketa antara pemerintah China dan Jepang.

Hubungan antara China dan Jepang memanas setelah terjadinya tabrakan kapal China dengan penjaga pantai Jepang yang mengakibatkan nakhoda China ditahan sampai saat ini.

Jepang menilai kapten kapal China itu sengaja menyerang kapal penjaga pantai. China pun memutuskan menghentikan hubungan sementara dengan Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar