Rabu, 17 November 2010

Toyota Masih Teratas dalam Kepuasan Pengguna

Jakarta - Di Indonesia, Toyota memang masih jadi rajanya, tidak hanya penjualannya, namun untuk kepuasan pelanggannya. Survei yang digelar JD Power menuturkan, Toyota masih menjadi yang teratas untuk kepuasan pelanggan.

Tidak tanggung-tanggung, Toyota mendapatkan 2 apresiasi terbaik dari pelanggan yakni Customer Satisfaction Index (CSI) dan Sales Satisfaction Index (SSI) dari JD Power Indonesia.

"Ini adalah improvement kita untuk kepuasan pelanggan Toyota. Dan betapa percayanya pelanggan kita," kata Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Johnny Darmawan di sela-sela Prescon JD Power di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jalan Sudirman, Jakarta Senin (11/10/2010).

2 penghargaan serupa sebelumnya pernah didapatkan Toyota pada 2007. Ini menandakan Toyota konsisten dalam memainkan perannya di industri otomotif dalam negeri. Di 2010 Toyota berhasil mengalahkan perusahaan otomotif lainnya di Indonesia.


Toyota meraih poin tertinggi 778 poin dari total index 1.000, jauh di atas ratai-rata industri otomotif sebesar 771 poin.

Survei dilakukan di 5 kota besar di Indonesia (Jakarta, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur) dengan lima faktor perhitungan yakni dealer facility, deal, paperworks, delivery timing dan delivery process.
Survei dilakukan pada 2.352 pemilik kendaraan yang melakukan pembelian antara Oktober 2009 hingga Mei 2010.

Sementara menurut Direktur Pemasaran PT TAM, Joko Trisanyoto survei yang dilakukan di beberapa kota dan melibatkan 2.352 konsumen adalah cukup mewakili Toyota untuk menjadi terbaik.

"Saya rasa 5 kota dan survei yang dilakukan pada 2.352 pemilik Toyota sudah cukup. Mereka sudah sangat loyal pada produk Toyota," tutup Joko. (detikoto.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar