Sabtu, 20 November 2010

Penampakan Mobil Toyota IQ dan Daihatsu Tanto

Toyota IQ dan Daihatsu Tanto. Kedua mobil kecil ini makin sering kelihatan alias eksis di Jakarta. Bakal masuk lewat jalur resmi? Keduanya terlihat bersamaan dalam Jelajah Dunia Astra yang dilaksanakan di Taman Wisata Mekarsari 23-24 Oktober 2010 ini.

Berwarna putih dengan pelek mengkilat, dan bodi imut, IQ menjadi sosok sentral di stand Toyota. "Mau dijual ya mas?" tanya salah seorang pengunjung yang langsung dijawab penjaga stan dengan lugas. "Belum Pak masih mobil konsep, belum mau dijual," jawabnya.

IQ sempat dipamerkan Toyota di Indonesia International Motor Show tahun 2009 lalu. Harga 1 unit Toyota IQ di Eropa bila ditukarkan dengan nilai kurs rupiah harganya dapat menembus angka Rp 350 juta on the road.


Mobil yang baru dipasarkan di Jepang November 2008 lalu ini mempunyai panjang 2.985 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.500 mm serta mempunyai poros roda tergolong pendek yaitu 2.000 mm.

Dan di daya angkut mobil ini, mobil city car tersebut hanya mampu mengangkut beban sebesar 800 kg.

Mobil yang cukup memuat 2 orang dewasa dan 2 anak kecil di bagian belakang ini hanya menggunakan kapasitas silinder 998 cc lebih kecil dari kapasitas engine Suzuki Karimun Estilo.

Pengunjung yang antusias tidak hanya terlihat di stan Toyota, Daihatsu juga sama.

Didampingi Semar Badranaya, tokoh wayang golek, Daihatsu Tanto sangat anggun. Tanto yang muncul kali ini berwarna silver. Di Jepang Tanto harganya bervariasi antara Rp 120-170 jutaan, jika masuk ke Indonesia harganya berkisar antara Rp 250-300 jutaan.

Tanto memang memiliki dimensi yang ringkas dan kompak, bila dilihat seperti Daihatsu Luxio versi mini, dengan mesin 660 cc dan panjang 3.396 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.725 mm.

Yang unik dari Tanto adalah mobil ini tidak memiliki pilar B, atau pilar di bagian tengah mobil. Begitu pintu mobil yang pernah mejeng di IIMS 2008 ini terbuka, kabin pun terasa lebih luas dengan pilar B yang menghilang. Namun meski begitu mobil ini diyakini tetap aman.

Di atas kabin penumpang di baris kedua ada semacam laci atau kompartemen yang jarang ditemui di mobil-mobil yang beredar di tanah air.

Hmm dengan begitu seringnya kedua mobil ini muncul untuk mengetes arah pasar apakah Daihatsu dan Toyota sudah siap meluncurkannya ya?

Jika melihat rata-rata waktu studi pasar yang dilakukan pabrikan selama 3 tahun, bisa saja kedua mobil ini akan muncul tahun depan atau tahun 2012. Kita tunggu nanti.(detikoto.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar